Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) MTsN 2 Sampang

LDKS disebut juga Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, yang berlangsung di MTs Negeri 2 Sampang pada tahun 2022. Dan merupakan pertama kalinya dilakukan di MTs Negeri 2 Sampang.


Kegiatan ini diselenggarakan dalam kurun waktu 2 hari dari tanggal 16 - 17 Maret 2022, yang diikuti oleh seluruh pengurus OSIS 2021-2022 ditambahkan 2 Orang perwakilan tiap Rombongan Kelas dari kelas 7 s/d 9.

Rangkaian Kegiatan LDKS ini, selengkapnya adalah :

A. PERSIAPAN

Panitia kecil yang telah terbentuk dari kegiatan LDKS ini dimulai pada tanggal 15 Maret 2022 mempersiapkan kegiatannya, demi lancarnya kegiatan yang akan dimulai besok hari nya tanggal 16 Maret 2022.
B. PEMBUKAAN 

Kegiatan LDKS dibuka langsung oleh Kepala Madrasah pada tanggal 16 Maret 2022. Pada saat pembukaan dihadiri oleh Segenap Guru, Waka, dan TU MTs Negeri 2 Sampang, peserta dari Anggota Osis MTs Negeri 2 Sampang serta perwakilan dari tiap Rombel kelas 7 s/d 9. 

C. PELAKSANAAN 

Susunan acara LDKS dan pengisi materi dalam acara ini disusun sesuai jadwal yang telah disepakati, yang  berlangsung selama 2 hari, dengan materi - materi dan pemateri sebagai berikut :

Tanggal 16 Maret 2022

1. 

2. Kepemimpinan 

Materi kepemimpinan disampaikan oleh Ibu Siti Nurhijjah, S.Pd yang merupakan guru PKn MTsN 2 Sampang, Pemateri menyampaikan beberapa permainan yang berhubungan dengan kepemimpinan dan beberapa teori kepemimpinan. 
3. Ishoma (Sholat Berjamaah dan Makan Bersama)

Setelah materi kepemimpinan selesai para peserta melakukan Ishoma (sholat Dhuhur berjamaah), sekaligus diisi Kultum oleh Kepala Madrasah MTsN 2 Sampang dilanjutkan makan siang yang sudah disiapkan oleh panitia LDKS
Suasana para peserta dalam kegiatan sholat dhuhur berjamaah seperti tampak dibawah ini  
4. Modernisasi Keagamaan  

Materi Modernisasi Keagamaan disampaikan oleh Bp. Mashuri, S.Ag yang merupakan guru MTsN 2 Sampang, Pemateri memberi beberapa permainan yang berhubungan dengan Modernisasi Keagamaan dan beberapa teori tentang Modernisasi Keagamaan. 


5. Diskusi dan Tata Cara Bersidang 

Materi Diskusi dan Tata Cara Bersidang disampaikan oleh Bp. Mustofa, S.Ag yang merupakan guru Bahasa Indonesia MTsN 2 Sampang. Pemateri menyampaikan beberapa permainan yang berhubungan dengan tata cara Bersidang & Berdiskusi dan teori tentang Diskusi dan Tata Cara Bersidang yang baik.


 6.  Retorika dan Protokoler

Materi  Retorika dan Protokoler disampaikan oleh Bapak Fery Ferdianto  yang merupakan guru BK/BP MTsN 2 Sampang. Peserta mendapat beberapa permainan yang berhubungan dengan Retorika & Protokoler dan beberapa teori Retorika & Protokoler.



Tanggal 17 Maret 2022

1. PBB

Materi PBB disampaikan oleh Bp. Haim dan Bp. Selamet dari Koramil 0828/05 Kec. Sreseh, memberikan materi baris berbaris yang benar. Pemateri memberi permainan yang berhubungan dengan PBB dan beberapa teori pokok tentang PBB yang benar.
2. Aswaja dan Ke NU an  

Materi Aswaja dan Ke_NU_an disampaikan oleh Bp. K. Mukhlis Rossi, S.Pd adalah  Ketua Tanfidiyah NU Kec. Sreseh, Sampang. Pemateri memberikan pengetahuan tentang salah satu organisasi yang ada di Kec. Sreseh yaitu NU.


3. Pembuatan Proposal

Materi Pembuatan Proposal disampaikan oleh Bp. Faruq Akhmar. S.Si yang merupakan guru IPA Terpadu MTsN 2 Sampang. Peserta mendapat beberapa permainan yang berhubungan dengan Pembuatan Proposal dan beberapa teori Pembuatan Proposal yang benar.



4. Administrasi dan Kesekretariatan

Materi Administrasi dan kesekretariatan disampaikan oleh Bp. Indra cahyono, SE yang merupakan Tenaga Kependidikan di MTsN 2 Sampang. Peserta mendapat beberapa permainan yang berhubungan dengan Administrasi dan Kesekretariatan dan beberapa teori tentang ke administrasian.


5. Penutup

Kegiatan LDKS yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 16 - 17 Maret di tutup langsung oleh Kepala Madrasah Bp. Drs. Imam Syafiie, M.Pd.I  tepat Jam 16.00 WIB di halaman MTs Negeri 2 Sampang.  



Semoga Kegiatan LDKS ini dapat membekas pada peserta dan merupakan tradisi bagi MTs Negeri 2 Sampang.

Kegiatan LDKS dapat di tonton juga di Channel Youtube di : klik disini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama